Recent posts

September 12, 2017 2 Comments

Baca catatan sebelumnya: Hari Kedua di Singapura

Joging di Little India
Menikmati pagi di tanah pelancongan tidak akan puas, tapi bisa dilakukan berkali-kali. Masih pagi di Singapura, Kamis (2/6/2016), adalah hari terakhir praktik menulis dalam kegiatan Bimbingan Teknik Vokasi Menulis Bagi Peserta Didik. Pagi itu aku bangun lebih awal sehingga bisa salat subuh berjamaah di Masjid Sultan. Suasana baru terasa berkesan dalam perjalanan ini. Lelahnya, hiruk-pikuk di stasiun dan Cinatown, keunikan miniatur globe Universal Studio, hingga mulusnya infrastruktur jalan serta hak pejalan di trotoar yang dihargai. Semua seolah membekas dalam ingatan ini. Seolah merindu, tapi harus berpisah.
Setelah salat subuh, aku kembali ke kamar hostel, berbaring sambil berselancar di dunia maya memanfaatkan Wi-Fi hostel. Tak lama pesan di WA berbunyi. Mas Gong menawarkan siapa yang mau ikut jalan-jalan ke Little India. Aku langsung bergegas turun kamar hostel menuju beranda. Di sana sudah menunggu Mas Gong, Kang Qizink, Mang Ripin, Gita, Qisti, Eka, Thoir, dan Yehan. Kami pun berangkat ke Littel India.
Aku kira Littel India jauh dari kawasan Kampung Bugis, tapi ternyata hanya berjarak beberapa ratus meter. Ah, kalau begitu ini joging pagi yang menyenangkan. Selama perjalanan, Mas Gong memandu kami tentang beberapa informasi yang belum diketahui. Karena Mas Gong sudah sering bolak-balik Singapura.
“Kalau kalian berani atau mau ke Malaysia. Kalian bisa naik bus di terminal ini,” kata Mas Gong sambil menunjuk terminal yang tidak jauh dari Kampung Bugis atau hanya beberapa puluh meter di seberang jalan.
“Tiketnya sekitar 60-70 dolar. Bus ini sampai ke perbatasan Malaysia. Biasanya pada akhir pekan, banyak TKW mengantre di terminal itu. Ironis memang. Karena ada beberapa TKW dari negeri kita sama sekali belum pernah jalan-jalan di sekitar lingkungan mereka bekerja sehingga ketika keluar kebingungan.”
Kami hanya mengangguk, mengerutkan kening, memandang kosong, dan mengabadikan tempat itu dengan kamera. Ikut merasakan derita yang dialami saudara kita, para TKW.
“Bagusnya di Singapura, selain infrastruktur jalan saluran airnya diperbaiki sehingga kalau hujan tidak kebanjiran. Juga etnis-etnis di sini dibikin kawasan sehingga tidak terlihat aacak-acakkan. Etnis Melayu dibuat kawasan, etnis India, dan juga etnis China. Maka Singapura terlihat bagus dan rapi. Meskipun kalau dilihat lebih dekat pasti ada celahnya,” ujar Mas Gong begitu pengalaman menjadi pemandu hingga bisa menilai bahkan memetakan apa yang ada di Negeri Singa Putih.

Aku juga punya penilaian sendiri dari pengamatan-pengamatan selama tiga hari di Singapura bahwa etnis India selain berjualan, juga ditempatkan bekerja di bagian konstruksi atau bangunan. Karena hampir setiap kali aku temui para petukang bangunan sebagian dari etnis India/Banglades. Sementara untuk etnis China selain ada yang berjualan, juga kebanyakan di bagian perkantoran. Kemudian etnis Melayu juga begitu. Aku merasa ada tingkatan pekerjaan yang memang menjadi pilihan dari warga Singapura.
Setelah dari Littel India, kami berpencar. Aku, Kang Qizink, dan Gita memilih pulang untuk sarapan di kawasan hostel, juga dengan Mang Ripin dan Tohir yang memilih mencari objek foto. Sementara Mas Gong, Qisti, Eka, dan Yehan memilih di Littel India untuk sarapan. Selama hampir tiga hari dua malam, aku akhirnya menemukan menu makanan Tanah Air. Aku baru tahu ternyata di sekitar kawasan Kampung Bugis ada warung Indonesia atau pemiliknya orang Indonesia. Aku makan sarapan dengan lahap didampingi Kang Qizink dan Gita.

Pulang
Setiap pejalan pasti merindukan rumah. Setiap keberangkatan pasti ada kepulangan. Kami para peserta #vokasimenulis merindukan pulang ke Tanah Air meluruhkan rindu dan tawa ceria dari cerita perjalanan yang menggembirakan.
Pada hari petama, Selasa (31/5/2016), kami datang dari Tanah Air sebagai pelancong langsung menikmati keriuhan monumen dari ikon Singapura, Merlion, hingga berlanjut ke penginapan di Kampung Bugis. Selain itu, menikmati hiruk-pikuk perjalanan dengan MRT dan bus yang serbacepat serta mudah hanya dengan kartu pas Singapura.
Pada hari kedua, Rabu (1/6/2016), kami menikmati pagi di Kampung Bugis dengan bersujud syukur di lantai Masjid Sultan hingga menyusuri gang-gang di Kampung Glam sambil menikmati sarapan pagi. Kemudian mampir di Malaya Heritage melihat berkas-berkas sejarah dengan berkumpul sambil berdiskusi menuangkan ide untuk sebuah judul buku yang akan ditulis dari perjalanan tiga hari ini. Selain itu, menjadi kutu buku di Perpustakaan Singapura yang menyimpan 200.000 judul buku dengan fasilitas memadai hingga membuat setiap pengunjung nyaman membaca. Selanjutnya mampir di Clement menikmati makan siang atau berwisata kuliner. Menyusuri jalan-jalan bereskalator di Sentosa Express sambil berpose ria di depan miniatur globe, Universal Studio. Kembali meregangkan segala urat kaki dan badan yang lelah di hostel murah kemudian beraksi kembali di keramaian malam di Cinatown untuk berbelanja oleh-oleh.
Pada hari ketiga, Kamis (2/6/2016), kami masih menikmati pagi di Singapura dengan berjoging di kawasan Littel India yang eksotik. Berkumpul kembali di hostel menyiapkan barang bawaan untuk bersiap pulang ke Tanah Air bersama 10 kelompok lainnya. Sebelum pulang, sebagian kelompok ada yang berkunjung kembali ke Merlion dan ada juga ke Clarke Quay untuk bergaya di monumen Love. Kami dari kelompok II AA Navis memilih ke Clarke Quay karena tempat itu belum dikunjungi.

Menuju Clarke Quay, kami menggunakan bus. Kami tidak ingin berlama-lama karena mendapatkan jatah tiket penerbangan pertama sekitar pukul 16.00. Karena itu, menuju Clarke Quay juga agar setelah dari situ langsung menuju Bandara Changi bersiap pulang. Perjalanan selain menggunakan bus, juga berjalan kaki beberapa ratus meter. Lelah berjalan. Namun, sesampainya di Clarke Quay, pemandangan sungai nan indah membuat lelah itu terbayar. Beberapa teman ada yang bergaya di monumen Love dan juga aku. Selain itu, mengabadikan grafiti menarik di lorong masih di kawasan Clarke Quay. Setelah puas dan lelah pun reda, kami berangkat ke Bandara Changi, Singapura, menggunakan MRT dari Stasiun Clarke Quay sampai harus berganti MRT di setiap stasiun Tanah Merah yang membawa kami ke bandara.
Di Bandara Changi tak ada kecanggungan apalagi takut ditahan petugas. Semua pengalaman kedatangan saat pertama kali tiba di bandara itu telah kami atasi dengan baik. Kelompok II AA Navis dikatakan jauh dari persoalan pelik menjerat tiap anggotanya sehingga kekompakan masih terjalin. Berupaya saling mengingatkan agar tidak mementingkan ego pribadi dalam perjalanan kali ini. Sebab kami datang berkelompok, maka pulang pun harus berkelompok. Harus kerja sama.
Meskipun pesawat yang akan membawa kami ke Tanah Air mengalami keterlambatan dua jam, tetapi semua itu tidak membuat kami patah semangat. Sebab setelah pulang nanti di Tanah Air masih ada misi lagi harus dituntaskan, yakni menuliskan catatan perjalanan selama tiga hari di Singapura. Sesampainya di Tanah Air atau tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, sekitat pukul 21.00 WIB, wajah lelah kami berucap syukur, Alhamdulillah. Karena telah sampai di tanah kelahiran.

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.